Sunday, 8 January 2017

Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan dan Kecantikan




Bacasih.comManfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan dan KecantikanBuah semangka atau dalam bahasa inggris disebut dengan Watermelon merupakan jenis tanaman merambat yang berasal dari Afrika bagian selatan. Semangka termasuk tanaman dari suku ketimun-timunan, tanaman ini juga masih berkerabat dengan tanaman melon, labu dan timun. Tanamannya hidup dengan merambat ke tanah, jangkaun rambatannya dapat mencapai belasa meter. Bentuk buahnya ada yang bulat dan lonjong, dengan warna kulit belang hijau muda dan tua. Sedangkan warna dagingnya ada yang merah dan kuning.

Buah semangka memiliki banyak sekali kandungan air dan memiliki rasa yang sangat manis. Buah ini sangat disukai oleh kalangan anak-anak hingga manula. Buah semangka juga sangat muda sekali kita jumpai, hampir setiap pasar menjual buah ini dan harganya pun sangat terjangkau. Selain itu buah ini sangat cocok sekali dikonsumsi langsung ataupun di buat jus.

Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan dan Kecantikan
Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan dan Kecantikan


Soal kandungan nutrisi, buah semangka memiliki kandungan nutrisi yang sangat banyak sekali seperti:

- Air
- Kalori
- Kalium
- Fosfor
- Magnesium
- Zat besi
- Kalsium
- Sodium
- Selenium
- Mangan
- Tembaga
- Seng
- Tiamin
- Protein
- Folat
- Asam pantotenat
- Niasin
- Serat
- Vitamin A
- Vitamin B6
- Vitamin C
- Vitamin E dan 
- Vitamin K.

Buah semangka merupakan buah yang memiliki kandungan nutrisi yang lengkap. Jika anda makan sepotong buah semangka segar, maka anda akan mendapatkan berbagai macam manfaat nutrisi yang ada. Hal inilah yang membuat buah ini memiliki manfaat yang banyak bagi kesehatan tubuh. Berikut ini penjelasan mengenai beberapa manfaat buah semangka yang harus anda ketahui.

Manfaat buah semangka untuk kesehatan tubuh


Menurunkan tekanan darah


Manfaat yang pertama dari buah ini adalah buah semangka sangat efektif sekali menurunkan tekanan darah. Terbukti banyak dokter menganjurkan pasiennya yang memiliki tekanan darah tinggi atau hipertensi untuk mengonsumsi buah semangka. Karena buah semangka memiliki efek yang sangat baik pada pembuluh darah dan mengatasi tekanan  darah yang terlalu besar pada pembuluh darah di jantung.

Menangkal kanker


Buah semangka memiliki kandungan vitamin C dan zat licopen yang sangat tinggi. Kandungan kedua zat tersebut berguna dalam menangkal radikal bebas yang bisa menyebabkan kanker. Vitamin C juga dapat berubah menjadi zat antioksidan yang sangat baik untuk penderita kanker prostat dan jenis kanker lainnya.


Mencegah asma


Kandungan vitamin C pada buah semangka juga dapat meningkat sistem kekebalan tubuh sehingga dapat mencegah gangguan pernafasan seperti asma. Buah semangka memang tidak dapat mengobati penyakit asma, namun buah ini dapat mencegah tahap gejala dan gangguan penafasan yang dapat menyebabkan penyakit asma.

Mencegah dehidrasi


Karena kandungan air pada buah semangka memang sangat banyak sekali, sehingga buah ini sangat baik untuk dikonsumsi karena dapat mencegah dehidrasi. Dehidrasi dapat disebabkan kurangnya asupan air mineral dalam tubuh, sehingga  tubuh mudah lelah, tidak bertenaga dan membuat anda tidak bisa fokus. Kekurangan air juga dapat menyebabkan kesehatan ginjal terganggu, karena membuat ginjal bekerja lebih keras lagi.

Mengatasi sembelit


Selain memiliki kandungan air yang sangat tinggi. Buah semangka juga mengandung serat yang tinggi juga.  Kandungan serat bermanfaat dalam mengatasi masalah sembelit apalagi kalau sampai anda kekurangan serat larut dalam usus. Kandungan serat pada semangka juga dapat menjadi gel alami  dalam usus yang akan membantu penyerapan nutrisi dan memperlancar BAB.

Menjaga kesehatan jantung dan tulang


Kandungan senyawa likopen pada buah semangka juga dapat berfungsi dalam menjaga kesehatan jantung dan tulang. Kandungan tersebut juga dapat memperlancar aliran darah ke jantung lebih maksimal, memelihara sel tubuh dan dapat mengurangi tingkat oksidatif pada pembuluh darah yang dapat menyebabkan serangan jantung. Selain itu senyawa likopen juga sangat efektif dalam membentuk kepadatan tulang sehingga mencegah dari pengeroposan tulang.


Mengatasi nyeri otot


Kandungan senyawa asam amino pada buah semangka juga sangat efektif dalam mengurangi nyeri otot yang anda alami. Kandungan ini mampu membuat otot tubuh lebih santai, sehingga membuat buah ini sangat cocok sekali dikonsumsi setelah melakukan kegiatan yang terlalu berat.

Mengatasi perandangan


Sebuah penelitian menemukan beberapa senyawa pada buah semangka seperti flavonoid, karotenoid, fenolik, likopen, cucurbicatin, fenolik dan triterpenoid. Semua jenis senyawa tersebut sangat baik sekali dalam mengatasi masalah peradangan dan mencegah radikal bebas. Tidak hanya itu senyawa cucurbicatin juga dapat menjadi agen anti inflamasi sehingga membuat sel tubuh pulih lebih cepat.

Baik untuk diet


Buah semangka juga sangat baik bila dikonsumsi untuk program diet. Karena buah ini mengandung asam amino cultruline yang sangat efektif dalam mengatasi lemak menumpuk didalam tubuh. Kandungan senyawa  asam animo cultruline juga dapat dirubah oleh ginjal menjadi senyawa arginin. Senyawa arginin lebih efektif lagi, karena dapat melemahkan sel-sel lemak dalam tubuh dan melarutkannya serta membuangnya melalui saluran pengeluaran.

Memlihara kesehatan mata


Diketahui kandungan vitamin A dan beta karotan pada buah semangka cukup tinggi. Kedua kandungan ini memiliki peran yang sangat penting dalam memelihara kesehatan retina dan lensa mata. Kandungan zat tersebut juga diketahui dapat mencegah penyakit mata seperti katarak dan rabun yang biasanya terjadi pada orang tua.


Melancarkan urin


Buah semangka juga dapat dijadikan obat herbal alami untuk mengatasi masalah saluran diuretic dan ginjal. Karena buah semangka mengandung banyak sekali air sehingga dapat meningkatkan aliran urin dalan tubuh. Selain itu buah semangka juga dapat membantu membuat racun dalam hati sehingga dapat meringankan sistem kerja ginjal.

Mencegah impotensi


Buah semangka juga bermanfaat dalam mencegah impotensi. Senyawa arginine yang dibuat oleh ginjal dari merubah senyawa cultruline memiliki manfaat yang sangat penting terutama bagi laki-laki yang mengalami ereksi. Buah semangka juga diketahui dapat meningkatkan kesuburan, meningkatkan gairah dalam berhubungan, mengurangi rasa lesu, lemah dan meningkatkan libido.

Memelihara kesehatan ginjal


Buah semangka mengandung kalium yang berguna untuk membersihkan zat-zat racun pada ginjal dan membantu kenerja ginjal lebih optimal. Selain itu buah semangka juga dapat dapat mengurangi kadar asam urat sehingga mencegah risiko pembentukan penyakit batu ginjal.

Manfaat buah semangka untuk kecantikan



Anti penuaan dini


Kandungan nutrisi seperti vitamin A, vitamin C dan senyawa likopen dapat menangkal radikal bebas yang dapat menyerang kesehatan kulit. Zat antioksidan pada buah semangka dapat menekan radikal bebas dalam tubuh. Mengonsumsi buah semangka secara teratur setiap hari juga dapat membuat kulit anda tetap indah dan menghilangkan garis halus akibat terpapar sinar matahari secara langsung.


Menjaga kelembaban kulit


Kandungan air yang sangat banyak pada  buah semangka sangat cocok bila dikonsumsi oleh orang yang memiliki jenis kulit kering. Karena kandungan air tersebut dapat melembabkan kulit anda. Selain itu anda juga akan terhindar dari masalah dehidrasi.


Membuat kulit lembut dan halus


Kandungan vitamin A tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan mata, namun juga sangat baik untuk kulit karena dapat membuat kulit lebih halus dan lembab. Makannya mengonsumsi buah semangka itu sangat penting, karena dapat mencegah kulit kering dan kurang nutrisi. Terutama bagi wanita yang menginginkan tampilan wajah cantik setiap harinya, untuk mengonsumsi buah ini.

Mengurangi minyak pada wajah


Kandungan vitamin A pada buah semangka tidak hanya bermanfaat untuk menghaluskan kulit saja. Namun juga bermanfaat untuk mengurangi masalah minyak yang berlebih pada wajah anda. Minyak berlebih biasanya terjadi pada kulit yang memiliki pori-pori besar yang dapat memicu kelenjar minyak bersekresi.

Meremajakan kulit


Buah semangka juga dapat dijadikan masker, yang bermanfaat dalam meremajakan kulit serta dapat membuat regenerasi sel-sel kulit mati.


EmoticonEmoticon