Tuesday, 24 January 2017

Ketahuilah! Dampak Buruk Kelebihan Lemak Bagi Tubuh Kita

Ketahuilah! Dampak Buruk Kelebihan Lemak Bagi Tubuh Kita





Bacasih.com - Ketahuilah! Dampak Buruk Kelebihan Lemak Bagi Tubuh Kita - Lemak merupakan salah satu jenis nutrisi yang sangat penting bagi tubuh, karena lemak memiliki fungsi untuk memperlancar sistem metabolisme tubuh. Lemak juga berfungsi sebagai sumber energy bagi tubuh dan dapat menjadi pelindung tubuh pada saat perubahaan suhu terutama rendah.

Namun jika lemak dalam tubuh berlebihan dapat menganggu kesehatan juga. Hal ini disebabkan karena mengonsumsi makanan yang mengandung tinggi kalori, sehingga lemak akan terus menumpuk dalam tubuh dan dapat menyebabkan risiko penyakit jangka panjang. Tidak hanya itu kelebihan lemak juga dapat menyebabkan penyerapan nutrisi dan vitamin pada makanan yang dikonsumsi menjadi tidak seimbang.

Ketahuilah! Dampak Buruk Kelebihan Lemak Bagi Tubuh Kita
Lemak Berlebih Didalam Tubuh


Jenis-jenis Lemak dan Sumber Lemak


Lemak jenuh


Lemak jenuh merupakan sumber kolesterol jahat yang sangat buruk bagi kesehatan tubuh. Jika anda mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh seperti keju, es krim, susu, dan mentaga dalam waktu lama akan dapat menganggu kesehatan anda.

Lemak unsaturated


Lemak unsaturated atau lemak tak jenuh merupakan lemak baik yang sangat bagus untuk tubuh. Lemak ini mampu membantu tubuh dalam menurunkan kadar kolesterol jahat sehinga tubuh tetap sehat jika anda mengonsumsinya dalam waktu tertentu. Makanan yang menganduk lemak ini adalah minyak zaitun dan canola.

Lemak trans


Lemak trans merupakan salah satu jenis lemak yang memiliki bentuk mudah menferas. Selain itu lemak trans bermanfaat dalam meningkatkan kadar LDL, serta dapat menurunkan kadar HDL. Terutama pada makanan gorengan, dipanggan atau dimasak secara organic.

Lemak terhidrogenasi


Lemak terhidrogenasi merupakan lemak yang sudah mengeras. Mengonsumsi lemak jenis ini dapat membuat badan anda mudah gemuk dan berisiko terserang penyakit jantung. Lemak ini di temukan pada mentega dan margarin.

Dampak Akibat Kelebihan Lemak Didalam Tubuh



Obesitas


Lemak yang masuk kedalam tubuh akibat mengonsumsi makanan tinggi lemak. Lemak tersebut dapat menjadi lemak jenuh, lemak tak jenuh tunggal, lemak tak jenuh ganda, dan lemak trans. Dari semua jenis lemak yang masuk dalam tubuh tidak akan bisa dimanfaatkan seluruhnya oleh tubuh. Akibatnya lemak akan terus menumpuk dalam semua jaringan tubuh diberbagai tubuh. Sehingga akan mengakibatkan tubuh mengalami obesitas atau kegemukan. Jika obesitas ini dibiarkan akan menyebabkan terkena berbagai jenis penyakit seperti stroke, jantung, paru-paru dan hati.

Kerusakan dinding arteri


Jika anda terus-terusan mengonsumsi lemak jenuh atau jahat dapat menyebabkan meningkatnya kadar kolesterol dalam darah. Hal ini juga akan mengakibatkan kerusakan pada dinding arteri jantung, jika hal ini tersebut sudah terjadi maka bisa menyebabkan masalah pada otak dan ginjal. Kadar kolesterol yang terus meningkat juga dapat menyebabkan aliran darah dalam tubuh tidak bisa berjalan dengan baik, penumpukan plak arteri, kerusakaan seperti pendarahan arteri dan menyebabkan gejala penyakit jantung.

Menyebabkan risiko kanker


Mengonsumsi lemak terlalu berlebihan juga dapat memicul tumbuhnya sel-sel kanker pada organ tubuh. Beberapa jenis kanker akan menjangkiti anda jika lemak dalam tubuh berlebihan seperti kanker usus besar, kanker yang dapat menyerang organ reproduksi, ginjal, dan kantung empedu.

Mengakibatkan sembelit


Jika anda masih sering mengonsumsi makanan berlemak tinggi maka dapat menyebabkan terganggunya sistem kerja organ tubuh. Pada umumnya akan mengakibatkan anda mengalami gangguan pencernaan seperti sembelit. Karena lemak membutuhkan waktu yang lebih lama untuk diproses dalam lambung.

Merusak otak


Lemak yang berlebih dalam tubuh juga dapat menyebabkan perusakan pada otak. Terutama lemak jenuh, yang dapat merusak bagian hipotalamus. Hipotalamus merupakan salah satu bagian otak yang memiliki peran dalam menjaga keseimbangan energy.

Kolesterol tinggi


Semua jenis lemak dapat meningkatkan kadar kolesterol, terutama lemak jenuh. Jika hal ini dibiarkan terlalu lama dapat menyebabkan gangguan kesehatan seperti penyumbatan pembuluh darah, kerusakan arteri dan menyebabkan risiko penyakit jantung. Selain itu kolesterol tinggi juga dapat menyebabkan tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Artikel lainnya:

Cara menurunkan lemak dalam tubuh


  1. Lakukan olahraga yang bisa membakar kalori, lakukan secara teratur untuk membuang cadangan lemak dalam tubuh, kalau bisa anda membuat jadwal olahraga setiap minggunya.
  2. Pilihlah makanan yang tidak mengandung tinggi lemak, kurangi konsumsi lemak dan tingkatkan asupan serat dalam tubuh.
  3. Hidari makanan cepat saji yang berbahaya bagi tubuh dan mengandung lemak. Lebih baik anda membuat makanan sendiri jadi anda tahu apa saja kandungan bahanan makanan yang sehat untuk dimasak.
  4. Jika anda merokok sebaiknya anda hentikan dan hindari mengonsumsi minuman yang mengandung alcohol.


EmoticonEmoticon