Wednesday, 25 January 2017

Dampak Kekurangan Karbohidrat Bagi Tubuh dan Kesehatan

Dampak Kekurangan Karbohidrat Bagi Tubuh dan Kesehatan




Bacasih.comDampak Kekurangan Karbohidrat Bagi Tubuh dan KesehatanKarbohidrat merupakan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh menjaga kesehatan. Karbohidrat yang dalam  tubuh kita akan dipecah menjadi gula, pati dan serat. Gula yang masuk kedalam tubuh kita terutama pada aliran darah akan diserap oleh sel-sel tubuh dengan bantuan insulin dan dijadikan glukosa. Sedangkan pati dan serat adalah zat yang sangat baik bagi tubuh karena dapat membuat kita mudah kenyang dengan kalori yang sedikit. Manfaat karbohidrat sendiri sangat banyak seperti, sebagai sumber tenaga bagi tubuh, sebagai zat pembangung, sebagai tenaga cadangan dan masih banyak yang lainnya.

Jika tubuh kita kekurangan karbohidrat maka tubuh tidak akan mampu meciptakan energy yang cukup. Jika hal ini terjadi maka akan membuat tubuh mudah lelah dan tubuh tidak akan mampu melawan penyakit dan dapat memperlambat proses penyembuhan. Selain itu tubuh yang yang kekurangan karbohidrat akan mengalami penurunan sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh mudah sakit. Ciri-ciri orang yang kekurangan karbohidrat sendiri dapat kita lihat dengan jelas, seperti lemah, berat badan menurut, mudah sakit dan sebagainya.

Dampak Kekurangan Karbohidrat Bagi Tubuh dan Kesehatan
Dampak Kekurangan Karbohidrat Bagi Tubuh dan Kesehatan


Gejala yang ditimbulkan akibat kekurang karbohidrat adalah sering merasa bingung, stress, pusing, sering demam, mudah lelah, stamina berkurang, dan lain-lain. Dan berikut ini adalah beberapa penjelasan tentang dampak kekurangan karbohidrat.

Dampak Kekurangan Karbohidrat Bagi Tubuh



Menurunnya berat badan


Karena karbohidrat merupakan nutrisi yang dapat mengenyangkan dan dapat menjaga mengontrol berat badan. Sudah pasti jika seseorang yang kekurangan karbohidrat akan meyebabkan berat badannya menurun. Selain itu fungsi karbohidrat juga menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, anda dapat menemukan karbohidrat dengan mengonsumsi biji-bijian, buah dan sayuran.

Mudah terkena flu


Tubuh yang kekurangan karbohidrat akan mengalami penurunan sistem imum tubuh. Jika imun tubuh melemah maka tubuh akan sering mengalami flu. Selain itu juga anda akan sering mengalami pusing-pusing, mual, kekurangan stamina dan bibir pecah-pecah.

Mudah terkena depresi


Karbohidrat juga merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh otak. Sehingga konerja otak dapat berjalan dengan baik, jika kebutuhan karbohidrat maka akan menyebabkan anda mudah mengalami depresi dan pikiran yang tidak tenang.

Menyebabkan tubuh kekurangan stamina


Karena karbohidrat merupakan sumber energy yang dibutuhkan tubuh, maka secara tidak langsung tubuh yang kekurangan karbohidrat akan mengalami penurunan stamina yang dapat menyebabkan tubuh sering merasa lelah, lemah dan lesu.

Penyakit yang disebabkan akibat kekurangan karbohidrat


Hipoglikemia


Penyakit hipoglikemia merupakan penyakit yang disebabkan akibat rendahnya gula darah dalam tubuh. Penyakit ini biasanya menyerang bayi dan orang tua, namun penyakit ini dapat menyerang siapa saja tidak pandang itu bayi, anak-anak, remaja, dewasa maupun orang tua. Gejala awal dari penyakit ini biasanya tubuh akan gemetar, sering berkeringkat, detak jantung lebih cepat, kulit basah, cepat marah, dan mengalami kecemasan. Sedang pengobatannya sendiri dapat dilakukan dengan cara memberikan asupan glukosa seperti the manis, jus atau makanan yang manis-manis.

Marasmus


Marasmus merupakan salah satu jenis gangguan kesehatan yang disebabkan kekurangan karbohidrat pada makanan yang dikonsumsi. Penyakit ini biasanya terjadi pada anak-anak dibawah umur 7 tahun. Gejalanya karena kelaparan, infeksi, persediaan makanan yang kurang, kurangnya vitamin A, E dan K. untuk mencegah penyakit ini anda dapat melakukan menyediakan makanan yang bergizi pada anak dan mengajurkan anak meminum banyak air putih.

Kwashiorkor


Kwashiorkor adalah penyakit yang dimana penderita mengalami protein dan kalori berat. Penyakit ini umumnya terjadi pada Negara-negara berkembang yang dimana masyarakatnya mengalami kekurangan gizi sehat. Ciri-ciri dari penyakit ini adalah si penderita memiliki badan kurus, rambut rontok, badan lemas, kulit terlihat keriput dan wajah tanpa lebih tua. Untuk mengobati penyakit ini juga hanya dilakukan dengan cara memberikan makanan yang bergizi secara bertahap.

Menyebabkan penyakit jantung dan diabetes


Menurut penelitian yang dilakukan di Amerika pada tahun 2014, tubuh yang kekurangan karbohidrat rentan terkena penyakit-penyakit berat seperti jantung dan diabetes. Selain itu kekurangan karbohidrat juga dapat menyebabkan meningkatnya kadar kolesterol yang dapat menyebabkan stroke.

Baca Juga:
Ketahuilah! Dampak Buruk Kelebihan Lemak Bagi Tubuh Kita
Dampak Buruk Begadang Bagi Kesehatan Tubuh
Bahaya Minum Air dengan Botol Plastik
Bahaya Tidur Setelah Makan Sahur
Kenali Tanda Iritasi pada Kulit Wajah

Akibat kekurangan karbohidrat bagi tubuh lainnya.

  1. Menimbulkan rasa malas. Karbohidrat berfungsi sebagai penghasil glikogen. Dimana glikogen berfungsi untuk mengoptimalkan dan memperkuat fungsi otot. Sehingga jika seseorang kekurangan karbohidrat dapat menyebabkan otot-otot tidak bisa bekerja secara optimal akibat kekurangan energy.
  2. Memperlambat sistem metabolisme tubuh. Karena karbohidrat merupakan sumber energy dan bahan bakar untuk tubuh, maka jika tubuh kekurangan karbohidrat dapat menyebabkan lambatnya sistem metabolisme tubuh.
  3. Mengakibatkan kelaparan. Karbohidrat merukan salah satu jenis nutrisi yang apabila dikonsumsi dapat mudah mengenyangkan perut. Jika asupan karbohidrat kurang maka anda akan merasa kelaparan meskipun sudah makan.
  4. Dapat menyebabkan prilaku buruk. Hal ini biasanya terjadi pada orang-orang yang melakukan diet rendah karbohidrat. Sehingga hal tersebut dapat berdampak pada mood yang buruk bagi anda.

This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon