Tuesday, 24 January 2017

Dampak Buruk Begadang Bagi Kesehatan Tubuh

Dampak Buruk Begadang Bagi Kesehatan Tubuh





Bacasih.comDampak Buruk Begadang Bagi Kesehatan TubuhDi zaman yang sudah modern ini, banyak sekali teknologi-teknologi yang sudah maju, baik di bidang pekerjaan maupun di bidang pendidikan. Karena itu manusia dituntun untuk bisa mengimbangi zaman yang sudah modern ini, dari perkembangan tersebut ada dampak positif dan dampak negatifnya. Dari segi positifnya kita merasa terbantu oleh teknologi baik pekerjaan maupun belajar, sedangkan dari segi negatifnya mengharuskan kita untuk menghabiskan waktu seharian hanya untuk bekerja, belajar, mengerjakan tugas atau hal-hal lain yang membuat kita harus mengurangi jam tidur malam kita.

Bagi anak muda, begadang merupakan hal yang sudah wajar dilakukan. Ada beberapa dari mereka yang mengerjakan tugas kuliah, nongkong sama sahabat, main game, diskotik, nonton film atau senang-senang di tempat hiburan yang menyenangkan. Kalau anda sendiri biasanya menghabiskan malam atau begadang melakukan apa? Apa ada kategori dari beberapa di atas tadi? Jika iya mulai sekarang sebaiknya anda berpikir dua kali untuk menjalani hal buruk tersebut.

Dampak Buruk Begadang Bagi Kesehatan Tubuh
Dampak Buruk Begadang Bagi Kesehatan Tubuh


Kebanyakan anak muda tidak pernah berpikir panjang jika ingin melakukan sesuatu hal yang tidak ada manfaatnya atau malah dapat menyebabkan kesehatannya terganggu akibat kebiasaan begadang. Seperti tubuh lemas, tidak fokus saat kerja atau belajar, stess mental dan kehidupan social disekitar lingkungan. Padahal jika anda melakukan begadang secara terus-terusan dapat menyababkan penyakit yang mematikan.

Dampak Begadang Bagi Kesehatan


Malam hari seharusnya dijadikan jam istirahat tubuh kita setelah sehari melakukan aktifitas bekerja, belajar, maupun aktifitas lainnya. Hal ini bertujuan untuk sistem kerja tubuh dapat berjalan secara maksimal untuk menghadapi hari esok. Mengapa hal tersebut harus kita lakukan, karena pada saat tubuh kita istirahat malam hari hormone pertumbuhan manusia dan hormone kortek adrenal sangat penting untuk metabolisme tubuh serta dapat berfungsi dalam perkembangan otot terjadi saat malam hari. Jika anda sering begadang setiap malam akan menganggu tubuh anda untuk menghasilkan kedua hormone tersebut dan membahayakan kesehatan tubuh.

Kelelahan dan melemahnya sistem imun tubuh


Akibat sering melakukan tidur larut malam dapat menyebabkan tubuh dan mental menjadi lelah, ini karena tubuh dipaksa untuk bekerja secar terus-terusan tanpa ada jeda waktu untuk istirahat. Akibat kelelahan yang terjadi dapat menjadikan kesehatan tubuh terganggu dan melemahnya sistem imun tubuh. Jika hal tersebut terjadi, tubuh akan rentan sekali terhadap penyakit seperti flu, hepatitis, infeksi paru-paru dll.

Sakit kepala


Begadang sepanjang malam juga dapat merusak sel otak, sehingga dapat menyebabkan sakit kepala. Seperti pusing, migran dan sakik kepala. Hal tersebut terjadi karena otak dipaksa terus bekerja tanpa ada waktu istirahat.

Insomnia


Melakukan begadang secara terus-terusan juga dapat menyebabkan insomnia dan  membuat seseorang yang tidak bisa tidur diawal waktu. Hal ini karena tubuh kita sudah dilatih atau beradaptasi dengan kebiasaan tidur larut malam.

Menyebabkan penyakit jantung


Tidur larut malam juga menganggu kesehatan jantung anda. Karena jika kita sering tidur kurang dari enam jam dapat menyebabkan peradangan pada arteri yang berakibat penumpukan plak dan menyumbat pembuluh darah manusia. Ini karena meningkatnya kadar protein CPR dalam tubuh akibat begadang.

Menyebabkan diabetes


Begadang juga dapat mempengaruhi kadar gula darah. Menurut penelitian menunjukan bahwa seseorang yang kurang tidur dari lima jam pada saat malam hari dapat berisiko diabetes tipe-2. Hal ini karena begadang dapat mengurangi kemampuan sel lemak untuk merespon insulin dan hormone yang mengatur metabolisme yang memiliki peran besar pada diabetes.

Menyebabkan kanker


Begadang larut malam juga dapat menyebabkan penyakit kanker seperti kanker payudara, kanker prostat, penyakit Parkinson dan jantung aritmia. Hal tersebut karena begadang dapat memperngaruhi produksi hormone melatonin. Hormone ini memiliki peran dalam mengatur seluruh hormone dalam tubuh yang berfungsi mengatur dan memeilihara irama sirkadian (sistem jam yang mengatur tubuh saat untuk tidur dan bangun).

Menyebabkan anemia


Tidur larut malam jika anda melakukan secara terus-terusan dapat menyebabkah tubuh anda kekurangan darah atau anemia. Hal tersebut terjadi karena hormone dan produksi sel darah merah dalam tubuh terganggu akibat metabolisme yang tidak seimbang karena tubuh tidak memiliki waktu untuk istirahat.

Menyebabkan masuk angin


Begadang juga dapat menyebabkan anda mudah sekali masuk angin. Karena pada umumnya udara pada saat malam hari sangat dingin dan dapat menyebabkan tubuh timbul keringat dingin. Untuk itu janganlah sering-sering begadang karena tidak ada manfaatnya sama sekali.

Artikel lainnya:


Mempengaruhi kesuburan


Dampak begadang memang sangat merugikan, bagi wanita yang sering begadang dapat menyebabkan terganggunya kualitas ovum dan sekresi hormone yang dapat mempengaruhi siklus menstrubasi. Sedangkan bagi pria begadang dapat mempengaruhi kualitas dan kuantitas sperma yang diproduksi.

Gangguan kesehatan kulit


Orang yang sering begadang akan menimbulkan kesehatan kulitnya terganggu seperti kulit pucat, mata bengkak, kulit kusam, hitam pada area mata atau mata panda dan garis-garis halus pada wajah. Hal ini karena meningkatnya hormone kortisol pada orang yang sering begadang. Jika hormone ini meningkat dalam tubuh dapat memecah kolegan kulit. Kurang tidur juga dapat mengurangi hormone pertumbuhan yang berfungsi dalam menebalkan kulit, meningkatkan masa otot dan memperkuat tulang.


EmoticonEmoticon