Tuesday, 22 November 2016

Tips Pintar Menjaga Kesehatan Saat Musim Penghujan

Bacasih.com - Menjelang tahun baru biasa iklim di indonesia akan terasa dingin. Hujan yang akan terus menerus mengguyur dari pagi hingga malam hari, mau tidak mau akan menjadi rutinitas yang akan kita hadapi. Pergantian musim dari musim kemarau ke musim penghujan biasanya akan membuat tubuh kita rentang akan penyakit. Hal ini disebabkan karena tubuh dipaksa beradaptasi dengan suhu dan kelembapan udara yang berbeda dari sebelumnya.

Saat musim penghujan banyak penyakit yang rentan menyerang tubuh kita seperti; flu, batuk, sesak nafas, pilek, masuk angin, penyakit kulit dan masih banyak lagi yang lainnya. Jika penyakit tadi menyerang anda, tentunya tubuh akan tidak fit untuk menjalani rutinitas sehari-hari. Lalu bagaimana cara menjaga agar tubuh tetap fit saat musim hujan?

Berikut ini adalah Tips Pintar Menjaga Kesehatan Saat Musim Penghujan:

Tips Pintar Menjaga Kesehatan Saat Musim Penghujan


1. Konsumsi vitamin

Saat pergantian musim dari musim kemarau ke musim penghujan, tubuh kita akan rentang sekali terjangkit penyakit. Ini dapat mempengaruhi imun dan kekebalan tubuh, dan akibatnya tubuh akan menjadi lemah. Saat kekebalan tubuh menurun, maka penyakit akan rentang sekali menyerang tubuh kita. Jadi kita dianjurkan untuk mengkonsumsi vitamin C, baik dari obat atau pun bisa anda peroleh secara alami. Seperti mengkonsumsi buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C.

2. Selalu higeinis setiap hari

Saat musim penghujan tiba kuman dan bakteri akan berkembang biak dengan cepat, karena suhu dan kelembapan yang begitu tinggi. Untuk itulah kita dituntut untuk memperhatikan tubuh kita agar selalu tetap bersih dan terhindar dari segala macam kuman dan bakteri. Utamakan kebersihan tangan karena kuman dan bakteri akan masuk kedalam tubuh melalui tangan seperti makan menggunakan tangan. Jadi usahakan selalu mencuci tangan sehabis melakukan kegiatan apapun.

3. Bersihkan lingkungan

Saat musim penghujan lingkungan disekitar kita akan terlihat kotor dari pada saat musim kemarau. Hal ini bisa memicu tingkat kelembapan udara yang lebih tinggi atau akan memicu limbah akan cepat membusuk dan pada akhirnya akan menjadi sumber kuman. Untuk itu bersihkan lingkungan pada tempat-tempat yang berpotensi menjadi sarang kuman agar kita terhindar dari segala macam penyakit.

4. Penuhi kebutuhan cairan tubuh

Biasanya orang akan mengabaikan mengkonsumsi air putih terutama saat musim penghujan. Biasanya alasan utamanya adalah suhu yang dingin, untuk itu kita sering kali kurang mengkonsumsi air putih untuk kebutuhan cairan dalam tubuh. Jadi jangan pernah mengkonsumsi air putih pada saat merasa haus saja.

5. Jaga asupan makanan

Asupan makan yang sehat dan bergizi sangat penting apalagi saat musim penghujan. Ada baiknya mengkonsumsi makan yang hangat dan berkuah agar tubuh tetap merasa hangat walaupun udara terasa dingin. Seperti soto ayam, sup berkuah, dan makanan berkuah sehat lainnya.

6. Makan saat lapar

Saat musim penghujan biasanya nafsu makan akan lebih besar. Tetapi sayangnya metabolisme dalam tubuh akan terasa lebih lambat dari biasanya. Jika anda menuruti nafsu makan yang besar dengan didukung metabolisme yang kurang baik, ini akan membuat anda menjadi lebih gemuk. Jadi aturlah pola cara makan dan porsi makan anda saat musim penghujan.

7. Perhatikan pola tidur

Saat musim penghujan udara akan menjadi lebih dingin dan biasanya akan mengudak rasa ngantuk. Namun jangan pernah menghiraukan rasa ngantuk ini, anda tetap harus menjaga pola istirahat dan pola tidur yang secukupnya. Namun jangan pernah tidur dengan waktu dan porsi yang berlebih.

8. Kenakan pakaian yang tebal dan hangat

Pakaian juga akan mempengaruhi kesehatan anda saat musim hujan. Jangan pernah menggunakan baju tipis dan transparan, apalagi pada saat anda sedang beraktifitas diluar ruangan. Untuk itu ada baiknya anda mengenakan baju yang tebal dan hangat agar terhindar dari penyakit.  


EmoticonEmoticon