Sunday, 27 November 2016

Manfaat Berjemur Di Bawah Sinar Matahari Pagi

Bacasih.com - Manfaat Berjemur Di Bawah Sinar Matahari Pagi. Sinar matahari sangat bermanfaat sekali sebagai sumber energi utama untuk mengubah provitamin D yang terdapat pada jaringan kulit menjadi vitamin D. Karena sinar matahari merupakan sumber energi utama untuk makhluk hidup yang ada di bumi, terutama bagi manusia. Jika anda sering keluar rumah di pagi hari untuk menghirup udara segar dan menghangat tubuh dengan berjemur di bawah sinar matahari. Itu akan membuat tubuh dan kulit anda tanpa cerah.

Sinar matahari di pagi hari sangat baik untuk kesehatan. Karena pembentukan vitamin D pada manusia memang di fasilitasi oleh sinar matahari dan ternyata sinar matahari juga banyak mengandung manfaat kesehatan.

Manfaat Berjemur Di Bawah Sinar Matahari Pagi


Berikut beberapa manfaat yang anda peroleh jika berjemur di bawah sinar matahari pagi:

1. Mengandung vitamin D

Saat sinar matahari menyinari kulit anda, pada saat itu pula berkas sinar ultraviolet disaring oleh kulit. Sinar tersebut bisa merubah kolesterol yang ada didalam kulit menjadi vitamin D. Jika anda melakukannya selama 10 menit, maka anda akan menerima sebanyak 800 unit vitamin D pada tubuh anda.

2. Membentuk dan memperbaiki tulang

Meningkatnya vitamin D dalam tubuh karena pancaran sinar matahari dapat meningkatkan penyerapan kalsium didalam tubuh anda. Ini adalah solusi terbaik untuk membentuk dan memperbaiki tulang anda dan mencegah penyakit seperti rakhitis.

3. Penawar infeksi dan pembunuh bakteri

Sinar matahari dapat membunuh bakteri penyakit, virus dan juga jamur. Bahkan beberapa virus dari penyebar kanker dapat dibinasakan oleh sinar ultraviolet ini. Orang yang menderita TBC, keracunan darah, peritonisis, mumps dan asma sangat membutuhkan terapi sinar matahari. Infeksi jamur, termasuk candida juga dapat dibinasakan oleh sinar matahari.

4. Meningkatkan kebugaran pernafasan

Selain meningkatnya kapasitas darah untuk membawa oksigen dan menyalurkan ke jaringan-jaringan tubuh. Ternyata sinar matahari juga dapat meningkatkan kebugaran pernafasan karena jumlah glikogen akan bertambah setelah berjemur.

5. Kekebalan

Sinar matahari juga dapat menambah sel darah putih, terutama limfosit, ini digunakan untuk menyerap penyakit. Secara tidak langsung antibodi-pun akan meningkat. Kondisi ini dapat bertahan selama tiga minggu. Dan juga jika anda berjemur dibawah sinar matahari itu dapat mengurangi resiko terkena flu.

6. Meredam kolesterol darah

Setelah kolesterol dirubah menjadi vitamin D. Maka otak dan tubuh akan mengirim sinyal kepada kolesterol yang terdapat pada darah untuk keluar darah menuju  kulit. Proses ini dapat mengontrol kolesterol didalam darah dengan baik.

7. Mengurangi gula darah

Sinar matahari juga dapat memberikan kemudahan dalam penyerapan glukosa yang masuk ke sel-sel tubuh. Ini dapat merangsang tubuh untuk mengubah gula darah menjadi glycogen, yang kemudian disimpan di hati dan otot. Proses inilah yang dapat menurunkan kadar gula darah.

Demikianlah artikel tentang Manfaat Berjemur Di Bawah Sinar Matahari Pagi. Mari jangan sia-siakan pemberian Tuhan kepada kita yang telah memberikan sumber kehidupan bagi kita.


EmoticonEmoticon