Thursday, 24 March 2016

Khasiat Jahe Untuk Kesehatan Tubuh

Khasiat Jahe Untuk Kesehatan Tubuh - Jahe berasal dari kata Yunani yaitu zingiberi, adalah tanaman rimpang yang biasanya digunakan sebagai rempah-rempah dan bahan obat. Tanaman ini sangat dipercaya sebagai obat herbal, khususnya oleh masyarakat indonesia. Hal ini terbukti dari banyaknya olahan jahe yang digunakan sebagai minuman penghangat saat musim hujan. Jahe juga telat banyak digunakan oleh produsen sebagai bahan racikan didalam obat-obatan produknya. Sebagai tanaman herbal, jahe tentunya menyimpan banyak zat yang baik bagi tubuh. Berikut ini manfaat jahe untuk kesehatan tubuh.

Khasiat Jahe Untuk Kesehatan Tubuh


1. Menghangatkan tubuh

Jahe memiliki sifat hangat yang dapat meningkat suhu tubuh. Jahe biasanya dinikmati dengan cara membuat minuman, yang banyak kita temui di daerah-daerah indonesia adalah wedang jahe. Wedang jahe banyak dikonsumsi oleh masyarakat indonesia, khususnya yang tinggal di daerah pengunungan. Selain itu jahe juga memiliki anti toksin dan virus yang membantu mempromosikan keringat yang dapat membantu mengobati batuk dan masuk angin.


2. Mencegah kanker

Zat yang terdapat pada jahe mampu menekan pertumbuhan sel kanker, seperti mencegah penyebaran gejala kanker kulit, kanker ginjal, kanker paru-paru dan pankreas.


3. Mengatasi masalah pernafasan

Jahe termasuk jenis ekspektoran alami yang berfungsi dalam melegakan sistem penafasan, masalah pernafasan ini biasanya berupa batuk dan pilek. Jika Anda mengkonsumsi jahe saat mengalami batuk dan pilek itu adalah pilihan yang tepat sekali, jahe akan bekerja memecah dan menghilangkan lendir atau dahak dapat dengan mudah keluar, sehingga memulihkan sistem pernafasan seperti sedia kala.


4. Melancarkan pencernaan

Jika Anda mengalami sistem pencernaan yang kurang baik, akibat memakan banyak makanan. Maka minumlah minuman jahe yang dapat membantu kelancaran pembuangan sisa makanan. Karena jahe dapat membantu penyerapan makanan dan mencegah sakit perut, karena sifatnya yang mengurangi peradangan.


5. Mengatasi memar dan rasa nyeri

Jika kita mengalami benturan pada tubuh, itu biasa menyebabkan memar dan rasa nyeri pada tubuh. Itu bisa diatasi dengan jahe, karena senyawa yang terdapat didalam sari jahe merupakan anti inflamasi, ini dapat digunakan untuk meredakan nyeri secara alami akibat benturan tersebut. Anti inflamasi juga dapat mengurangi rasa nyeri pada penderita penyakit rematik.


EmoticonEmoticon